Kamis, 03 November 2016

Mengenal ST 3000 Smart Differential Pressure Transmitter Honeywell

Sobat ELINSCO, Di industri banyak merk / pabrikan pressure transmitter seperti Rosemount, ABB, Honeywell, dll.. namun postingan kali ini khusus membahas mengenai Pressure Transmitter Honeywell Type ST 3000 model Differential Pressure. Bagi para senior bidang instrument tentunya sudah tidak asing lagi dengan jenis transmitter ini,

Gambar 1. ST 3000 Honeywell Smart Pressure Transmitter, Differential Pressure Model


Prinsip Kerja ST 3000 Differential Pressure Transmitter
St 3000 Differential Pressure Transmitter akan mengukur perbedaan tekanan yang diterima di sisi input High dan Low nya. Nilai perbedaan tekanan tersebut kemudian direpresentasikan menjadi arus 4-20 mA untuk ditransmisikan ke sistem kontrol.

Cara pengukurannya yaitu dengan menggunakan sensor piezoresistif, yang didalamnya terdapat tiga sensor yaitu sensor tekanan diferensial, sensor suhu, dan sensor tekanan statis.

Sinyal disproses menggunakan sistem elektronik berbasis mikroprosessor yang memberikan rasio span yang tinggi, meningkatkan kompensasi tekanan serta meningkatkan akurasi pembacaan.

Transmitter body dan electronic housingnya didesain tahan terhadap guncangan, getaran, korosi dan kelembaban. Single boards electronic-nya dapat diganti dan ditukarkan dengan St 3000 series 1000 atau series 900. Seperti transmitter honeywell model lainnya, feature dari ST 3000 mendukung komunikasi dua arah ( two way communication ) dan kemampuan konfigurasi antara operator dan transmitter melalui beberapa Honeywell fieldrated portable configuration devices termasuk Smart Field Communicator (SFC) dan Multiple Communication Configurator (MC ToolKit).

Modul tersebut mendukung beberapa opsi dalam komunikasi :

1.  4-20 mA
2. Honeywell Digitally Enhanced (DE)
3. HART® (versions 5.x or 6.x)
4. FOUNDATION™ Fieldbus

Berikut adalah Operating Condition dari St3000 :






Load disqus comments

0 komentar